Thursday, October 26, 2017

SILABUS HADIST TARBAWI

COURSE OUT LINE MATA KULIAH HADIS TARBAWI
JURUSAN     : TARBIYAH
PRODI           : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) TULUNGAGUNG
SEMESTER GENAP (IV) TAHUN AKADEMIK ......../.......
  1. 1.       DISKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah ini akan mempelajari berbagai konsep pendidikan Islam yang terkandung dalam hadis Nabi baik secara filosofis, teoritis, dan praktisnya. Untuk itu bagian pertama akan mendiskusikan konsep dasar dari pendidikan Islam yang meliputi pengertian, dan sistem  dan diteruskan bagian lain yang masuk dalam koridor tema-tema sentral Pendidikan Islam. Hadits Tarbawi adalah matakuliah yang memuat kajian filosofis-interpretatif terhadap hadits-hadits tentang pendidikan dan akhlaq. Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilan tentang beberapa metode dan kunci penafsiran melalui hadist-hadits tersebut. Paling tidak mahasiswa telah membekali diri dengan berbagai hadis yang dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan pendidikan Islam dari berbagai aspek yang terkait.

  1. 2.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan matakuliah ini diharapkan dapat dicapai:
  1. Pengetahuan; Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan teori-teori pendidikan Islam dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan pendidikan Islam.
  2. Sikap; Memiliki kepribadian pendidik dan bertanggung jawab dari tugas dan keilmuannya.
  3. Ketrampilan; Dapat melaksanakan tugasnya sebagai pendidik secara profesional serta dapat mengaplikasikan dalam kegiatan dan pengembangan pendidikan Islam.

3.   STRATEGI PENGAJARAN
Metode yang dipakai dalam matakuliah ini  sangat mendorong budaya yang mandiri dan kreatif dalam mengejar mutu sesuai dengan program kurikulum yang telah disesuaikan. Oleh karena itu beberapa metode yang digunakan adalah: Cooperative Learning, Colaborative Learning, telaah buku, team work.

4.    DAFTAR PUSTAKA
  1. Al Naquib Al Attas, Syeh Muhammad, The Concept of Education in Islam a Frama Wark for and Islamic Philosophia of Education, tnp., tnt 1997
  2. Darajat, Zakiyah, Ilmu pendidikan Islam, Bina Aksara, Jakarta, 1992
  3. Ramayulis, Ilmu pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta, cet ke-2, 1998
  4. Arifin, M., Ilmu Pendidikan dalam suatu tinjauan teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Bumi Aksara. Jakarta, 1989
  5. Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, Pustaka Al Husna, Jakarta, 1998
  6. Munir Mursi, Muhammad, At-Tarbiyah Al-Islamiyah Ushuluha wa Tathowwuruha fil Bilad Al-Arabiyyah, Alam al-Kutub , Kairo, 1997
  7. Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam perspektif Islam, Remaja Rosda Karya, Bandung, 1992
  8. Athiyah  al-abrasyi, Muhammad, Al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Dar al-Fikr, cet. Ke-2, tt.
  9. Abud, Abdul Ghani, Fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, Dar al-Fikr al-Araby, cet. Ke-1 Kairo, 1977
  10. Fuadi al-Ahwani, Ahmad, Al-Tarbiyah fi al-Islam, Dar al-Ma’arif, Kairo, tt.
  11. Sulthon, Mahmud As-Sayyid, Buhuts fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, Kairo: Dar al-Ma’arif, 1979
  12. Al-Zarnuzi, Burhan al-Islam, Ta’lim al-Muta’allim fi Thariq al-Ta’allum, Surabaya: Salim Nabhan,tt
  13. Arifin, Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
  14. Jalaluddin, dan Said, Usman, Filsafat Pendidikan Islam; Konsep dan Perkembangan Pemikir annya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999
  15. Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988
  16. Mujib, Abdul, dan Mudzakkir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006
  17. Soebahar, Abd. Halim, Wawasan Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002
  18. Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru
  19. Said Agil Husin Al-Munawar, Aktualisasi Nilai-nilai Al-Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam
  20. Shalah Abdul Qadir Al-Bakriy, Al-Qur’an Wa Bina Al-Insan, 45
  21. Utsman najati, Al-Qur’an dan Ilmu Jiwa 10
  22. Bukhari Umar, Hadis Tarbawi, Jakarta: Amzah, 2012
  23. Abdul Majid Khon, Hadis Tarbawi, Jakarta: Kencana, 2012

5. EVALUASI PEMBELAJARAN
Hasil belajar dalam matakuliah ini dinilai berdasarkan pada:
  1. a.      UTS                            : 25 %
  2. b.      UAS                            : 25 %
  3. c.       PRESENTASI          : 30 %
  4. d.      PRESENSI                : 20 %

6. TIMELINE (JADWAL PERKULIAHAN)
            Secara garis besar akan ditempuh skenario perkuliahan sebagai berikut:
  1. Pendahuluan: orientasi bahan.
  2. Diskusi dan kajian materi-materi sesuai jadwal yang telah disepakati bersama.
  3. Mid semester atau ujian tengah semester (UTS).
  4. Melanjutkan diskusi kelas sesuai jadwal.
  5. Ujian akhir semester (UAS) dan mengumpulkan tugas individu / kelompok.

Tulungagung, ..........................
H.M. Muntahibun Nafis, M.Ag
NIP. 19780318 200501 1 003








HADIS TARBAWI
Oleh : H.M Muntahibun Nafis, M.Ag

Matakuliah Hadis Tarbawi akan membahas tentang tema-tema sentral dalam koridor  Pendidikan Islam yang terkandung dalam berbagai hadis, yang dapat dijadikan koreksi, refleksi, atau menengok kembali tema-tema tersebut sehingga dapat dijadikan pegangan, pedoman, dan acuan baik oleh mahasiswa maupun oleh dosen dalam menghadapi realitas pendidikan terutama pendidikan Islam dalam dinamika masyarakat. Pada akhirnya dosen dan mahasiswa dapat merespon tantangan perubahan dan globalisasi, baik dalam dataran filsafat, ideologi, konsep ilmu, metodologi, institusi, organisasi, dan manajemen. Tujuannya untuk membangun pendidikan Islam yang betul- betul dapat menjawab tantangan zaman, sehinggan layak diterima oleh masyarakat dengan berbagai pengembangan-pengembangan.
Terdapat ujian tertulis dalam matakuliah ini, baik pada Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS). Selain itu penilaian juga akan diberikan berdasarkan aktifitas mahasiswa dalam mengikuti matakuliah  dan kualitas atau orisinilitas makalah. Penulisan makalah minimal 7 halaman, dan dirancang berdasarkan kerangka sebagai berikut :
Dasar pemikiran / landasan teori / latar belakang        : 1 – 2 halaman
Permasalahan                                                              : 1/2 – 1 halaman
Analisis                                                                       : 5 – 6  halaman
Kesimpulan / tawaran alternatif / solusi                      : 1 halaman

Tema-tema makalah :

  1. Dasar Pendidikan Islam
  2. Kewajiban Belajar
    1. Dorongan dan Perintah Menuntut Ilmu
    2. Keutamaan ilmu dan Belajar
    3. Tujuan Pendidikan Islam
      1. Tujuan Penciptaan Manusia
      2. Misi dari Kenabian
      3. Materi Pendidikan Islam
        1. Akidah dan Keimanan
        2. Akhlak dan Sosial
        3. Akal dan Jasmani
        4. Pendidik
          1. Kedudukan dan Keutamaan Pendidik
          2. Sifat dan Karakter Pendidik
          3. Syarat-syarat Pendidik
          4. Peserta Didik
            1. Sifat dan Karakter Peserta Didik
            2. Syarat-syarat Peserta Didik
            3. Metode dan Media dalam Pendidikan Islam
              1. Ragam Metode Pendidikan Islam
              2. Media Pendidikan Islam
              3. Lingkungan Pendidikan Islam
                1. Lingkungan Sekolah (Formal)
                2. Lingkungan Keluarga (non-formal)
                3. Lingkungan Sosial(in-formal)

  1. Evaluasi PendidikanIslam
    1. Ranah Kognitif
    2. Ranah Afektif
    3. Ranah Psikomotorik

Makalah di kumpulkan kepada dosen pengampu matakuliah maksimal 1 hari sebelum presentasi di kelas, dan digandakan kepada seluruh mahasiswa yang ada dalam kelas.
DAFTAR JUDUL MAKALAH DAN MAHASISWA
MATA KULIAH                   : Hadis Tarbawi
DOSEN                                  : H.M Muntahibun Nafis, M.Ag
JURUSAN / PRODI              : Tarbiyah / PAI- A
SEMESTER                            : IV (empat)

NO
NAMA
JUDUL MAKALAH
PRESENTASI
I
Abdul Rohman
Dasar
 .........................
M. Masrur Roziqi
Wiji Astutik
Riza Fahrudin Lubis
II
Aqib Bahru Shofi
Kewajiban Belajar
20 Maret 2013
M. Iqbal Humaidi
Wahyu Widodo Prayogo
III
Adnan Rifai
Tujuan
27 Maret 2013
M. Ulil Albab Assidiq
Wahyu Tri Andamari
IV
Akun Mali Azhari
Materi
03 April 2013
Nenda Martiasari
Tanwirul fuadi
V
Atiq Masluhah
Pendidik
10 April 2013
Nohan Rio Dani
Supriani
VI
Bagus Ardiansah
Peserta Didik
17 April 2013
M. Khafidz Amrul F
Sri Wahyuni
VII
Doni Damara
Metode dan Media
24 April 2013
Novita Dian Sari
Siti Rohmah Yuniarti
VIII
Erike Regita Sari
Lingkungan
 01 Mei 2013
Nur Styanty AN
Linda Triana
IX
Halim Fitriana
Evaluasi
 08 Mei 2013
Rusydiana Alhabibi
Intan Futiha Ghozali P

SELAMAT MENGERJAKAN TUGAS DAN SEMOGA BERMANFAAT

DAFTAR JUDUL MAKALAH DAN MAHASISWA
MATA KULIAH                   : Hadis Tarbawi
DOSEN                                  : H.M Muntahibun Nafis, M.Ag
JURUSAN / PRODI              : Tarbiyah / PAI- B
SEMESTER                            : IV (empat)

NO
NAMA
JUDUL MAKALAH
PRESENTASI
I
Adib Kholifatullah
Dasar
14 Maret 2013
Erni Miftakhu Dhuhroh
Choirun Ni’mah
Diana Sundari Agustiani
Andi Budi Cahyono
II
Ahmad Anik Fatoni
Kewajiban Belajar
21 Maret 2013
Choirul Anam
Diana Sulistia Ningsih
Faridatul Khusna
III
Ahmad Zaki Ghufron
Tujuan
28 Maret 2013
Chabiburahman
Dian Puji Lestari
Erlina Luthfi Walidah
IV
Ahmat Khoirurrizal
Materi
04 April 2013
Bonatin
Dharisatullatifah Q
Endra Mustakim
V
Ainatul Falastin
Pendidik
11 April 2013
Binti Nurjanah
Dewi Zahrotul Inayah
Ella Trisnawati
VI
Al Amin Wijayanti
Peserta Didik
18 April 2013
Atik Adiana Kholisoh
Dewi Fatimatuz Z
Elis Yuni Artanti
VII
Aminatus Sholikah
Metode dan Media
25 April 2013
Asni Hanifah
Dedi Samitro
Ekhsanudin
VIII
Ana Maratul Azizah
Lingkungan
02 Mei 2013
Asmaul Husna
Eka Yulianasari
Ari Agung Saputra
IX
Andika Hadi Prasetyo
Evaluasi
09 Mei 2013
Didin Luskha Yuni A
Dimas Harits
Anissa Noerrohmah

SELAMAT MENGERJAKAN TUGAS DAN SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment

Comments System

Disqus Shortname