COURSE OUT LINE MATA KULIAH HADIS TARBAWI
JURUSAN : TARBIYAH
PRODI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) TULUNGAGUNG
SEMESTER GENAP (IV) TAHUN AKADEMIK ......../.......
- 1. DISKRIPSI MATA KULIAH
Matakuliah ini akan mempelajari berbagai konsep pendidikan Islam yang terkandung dalam hadis Nabi baik secara filosofis, teoritis, dan praktisnya. Untuk itu bagian pertama akan mendiskusikan konsep dasar dari pendidikan Islam yang meliputi pengertian, dan sistem dan diteruskan bagian lain yang masuk dalam koridor tema-tema sentral Pendidikan Islam. Hadits Tarbawi adalah matakuliah yang memuat kajian filosofis-interpretatif terhadap hadits-hadits tentang pendidikan dan akhlaq. Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan seperangkat pengetahuan dan keterampilan tentang beberapa metode dan kunci penafsiran melalui hadist-hadits tersebut. Paling tidak mahasiswa telah membekali diri dengan berbagai hadis yang dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan pendidikan Islam dari berbagai aspek yang terkait.
- 2. TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan matakuliah ini diharapkan dapat dicapai:
- Pengetahuan; Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dan teori-teori pendidikan Islam dalam kegiatan pembelajaran dan pengembangan pendidikan Islam.
- Sikap; Memiliki kepribadian pendidik dan bertanggung jawab dari tugas dan keilmuannya.
- Ketrampilan; Dapat melaksanakan tugasnya sebagai pendidik secara profesional serta dapat mengaplikasikan dalam kegiatan dan pengembangan pendidikan Islam.
3. STRATEGI PENGAJARAN
Metode yang dipakai dalam matakuliah ini sangat mendorong budaya yang mandiri dan kreatif dalam mengejar mutu sesuai dengan program kurikulum yang telah disesuaikan. Oleh karena itu beberapa metode yang digunakan adalah: Cooperative Learning, Colaborative Learning, telaah buku, team work.
4. DAFTAR PUSTAKA
- Al Naquib Al Attas, Syeh Muhammad, The Concept of Education in Islam a Frama Wark for and Islamic Philosophia of Education, tnp., tnt 1997
- Darajat, Zakiyah, Ilmu pendidikan Islam, Bina Aksara, Jakarta, 1992
- Ramayulis, Ilmu pendidikan Islam, Kalam Mulia, Jakarta, cet ke-2, 1998
- Arifin, M., Ilmu Pendidikan dalam suatu tinjauan teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Bumi Aksara. Jakarta, 1989
- Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, Pustaka Al Husna, Jakarta, 1998
- Munir Mursi, Muhammad, At-Tarbiyah Al-Islamiyah Ushuluha wa Tathowwuruha fil Bilad Al-Arabiyyah, Alam al-Kutub , Kairo, 1997
- Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan dalam perspektif Islam, Remaja Rosda Karya, Bandung, 1992
- Athiyah al-abrasyi, Muhammad, Al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Falasifatuha, Dar al-Fikr, cet. Ke-2, tt.
- Abud, Abdul Ghani, Fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, Dar al-Fikr al-Araby, cet. Ke-1 Kairo, 1977
- Fuadi al-Ahwani, Ahmad, Al-Tarbiyah fi al-Islam, Dar al-Ma’arif, Kairo, tt.
- Sulthon, Mahmud As-Sayyid, Buhuts fi al-Tarbiyah al-Islamiyah, Kairo: Dar al-Ma’arif, 1979
- Al-Zarnuzi, Burhan al-Islam, Ta’lim al-Muta’allim fi Thariq al-Ta’allum, Surabaya: Salim Nabhan,tt
- Arifin, Muzayyin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2005
- Jalaluddin, dan Said, Usman, Filsafat Pendidikan Islam; Konsep dan Perkembangan Pemikir annya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1999
- Langgulung, Hasan, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1988
- Mujib, Abdul, dan Mudzakkir, Jusuf, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media, 2006
- Soebahar, Abd. Halim, Wawasan Baru Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2002
- Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru
- Said Agil Husin Al-Munawar, Aktualisasi Nilai-nilai Al-Qur’ani dalam Sistem Pendidikan Islam
- Shalah Abdul Qadir Al-Bakriy, Al-Qur’an Wa Bina Al-Insan, 45
- Utsman najati, Al-Qur’an dan Ilmu Jiwa 10
- Bukhari Umar, Hadis Tarbawi, Jakarta: Amzah, 2012
- Abdul Majid Khon, Hadis Tarbawi, Jakarta: Kencana, 2012
5. EVALUASI PEMBELAJARAN
Hasil belajar dalam matakuliah ini dinilai berdasarkan pada:
- a. UTS : 25 %
- b. UAS : 25 %
- c. PRESENTASI : 30 %
- d. PRESENSI : 20 %
6. TIMELINE (JADWAL PERKULIAHAN)
Secara garis besar akan ditempuh skenario perkuliahan sebagai berikut:
- Pendahuluan: orientasi bahan.
- Diskusi dan kajian materi-materi sesuai jadwal yang telah disepakati bersama.
- Mid semester atau ujian tengah semester (UTS).
- Melanjutkan diskusi kelas sesuai jadwal.
- Ujian akhir semester (UAS) dan mengumpulkan tugas individu / kelompok.
Tulungagung, ..........................
H.M. Muntahibun Nafis, M.Ag
NIP. 19780318 200501 1 003
HADIS TARBAWI
Oleh : H.M Muntahibun Nafis, M.Ag
Matakuliah Hadis Tarbawi akan membahas tentang tema-tema sentral dalam koridor Pendidikan Islam yang terkandung dalam berbagai hadis, yang dapat dijadikan koreksi, refleksi, atau menengok kembali tema-tema tersebut sehingga dapat dijadikan pegangan, pedoman, dan acuan baik oleh mahasiswa maupun oleh dosen dalam menghadapi realitas pendidikan terutama pendidikan Islam dalam dinamika masyarakat. Pada akhirnya dosen dan mahasiswa dapat merespon tantangan perubahan dan globalisasi, baik dalam dataran filsafat, ideologi, konsep ilmu, metodologi, institusi, organisasi, dan manajemen. Tujuannya untuk membangun pendidikan Islam yang betul- betul dapat menjawab tantangan zaman, sehinggan layak diterima oleh masyarakat dengan berbagai pengembangan-pengembangan.
Terdapat ujian tertulis dalam matakuliah ini, baik pada Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS). Selain itu penilaian juga akan diberikan berdasarkan aktifitas mahasiswa dalam mengikuti matakuliah dan kualitas atau orisinilitas makalah. Penulisan makalah minimal 7 halaman, dan dirancang berdasarkan kerangka sebagai berikut :
Dasar pemikiran / landasan teori / latar belakang : 1 – 2 halaman
Permasalahan : 1/2 – 1 halaman
Analisis : 5 – 6 halaman
Kesimpulan / tawaran alternatif / solusi : 1 halaman
Tema-tema makalah :
- Dasar Pendidikan Islam
- Kewajiban Belajar
- Dorongan dan Perintah Menuntut Ilmu
- Keutamaan ilmu dan Belajar
- Tujuan Pendidikan Islam
- Tujuan Penciptaan Manusia
- Misi dari Kenabian
- Materi Pendidikan Islam
- Akidah dan Keimanan
- Akhlak dan Sosial
- Akal dan Jasmani
- Pendidik
- Kedudukan dan Keutamaan Pendidik
- Sifat dan Karakter Pendidik
- Syarat-syarat Pendidik
- Peserta Didik
- Sifat dan Karakter Peserta Didik
- Syarat-syarat Peserta Didik
- Metode dan Media dalam Pendidikan Islam
- Ragam Metode Pendidikan Islam
- Media Pendidikan Islam
- Lingkungan Pendidikan Islam
- Lingkungan Sekolah (Formal)
- Lingkungan Keluarga (non-formal)
- Lingkungan Sosial(in-formal)
- Evaluasi PendidikanIslam
- Ranah Kognitif
- Ranah Afektif
- Ranah Psikomotorik
Makalah di kumpulkan kepada dosen pengampu matakuliah maksimal 1 hari sebelum presentasi di kelas, dan digandakan kepada seluruh mahasiswa yang ada dalam kelas.
DAFTAR JUDUL MAKALAH DAN MAHASISWA
MATA KULIAH : Hadis Tarbawi
DOSEN : H.M Muntahibun Nafis, M.Ag
JURUSAN / PRODI : Tarbiyah / PAI- A
SEMESTER : IV (empat)
NO
|
NAMA
|
JUDUL MAKALAH
|
PRESENTASI
|
I
|
Abdul Rohman
|
Dasar
|
.........................
|
M. Masrur Roziqi
| |||
Wiji Astutik
| |||
Riza Fahrudin Lubis
| |||
II
|
Aqib Bahru Shofi
|
Kewajiban Belajar
|
20 Maret 2013
|
M. Iqbal Humaidi
| |||
Wahyu Widodo Prayogo
| |||
III
|
Adnan Rifai
|
Tujuan
|
27 Maret 2013
|
M. Ulil Albab Assidiq
| |||
Wahyu Tri Andamari
| |||
IV
|
Akun Mali Azhari
|
Materi
|
03 April 2013
|
Nenda Martiasari
| |||
Tanwirul fuadi
| |||
V
|
Atiq Masluhah
|
Pendidik
|
10 April 2013
|
Nohan Rio Dani
| |||
Supriani
| |||
VI
|
Bagus Ardiansah
|
Peserta Didik
|
17 April 2013
|
M. Khafidz Amrul F
| |||
Sri Wahyuni
| |||
VII
|
Doni Damara
|
Metode dan Media
|
24 April 2013
|
Novita Dian Sari
| |||
Siti Rohmah Yuniarti
| |||
VIII
|
Erike Regita Sari
|
Lingkungan
|
01 Mei 2013
|
Nur Styanty AN
| |||
Linda Triana
| |||
IX
|
Halim Fitriana
|
Evaluasi
|
08 Mei 2013
|
Rusydiana Alhabibi
| |||
Intan Futiha Ghozali P
|
SELAMAT MENGERJAKAN TUGAS DAN SEMOGA BERMANFAAT
DAFTAR JUDUL MAKALAH DAN MAHASISWA
MATA KULIAH : Hadis Tarbawi
DOSEN : H.M Muntahibun Nafis, M.Ag
JURUSAN / PRODI : Tarbiyah / PAI- B
SEMESTER : IV (empat)
NO
|
NAMA
|
JUDUL MAKALAH
|
PRESENTASI
|
I
|
Adib Kholifatullah
|
Dasar
|
14 Maret 2013
|
Erni Miftakhu Dhuhroh
| |||
Choirun Ni’mah
| |||
Diana Sundari Agustiani
| |||
Andi Budi Cahyono
| |||
II
|
Ahmad Anik Fatoni
|
Kewajiban Belajar
|
21 Maret 2013
|
Choirul Anam
| |||
Diana Sulistia Ningsih
| |||
Faridatul Khusna
| |||
III
|
Ahmad Zaki Ghufron
|
Tujuan
|
28 Maret 2013
|
Chabiburahman
| |||
Dian Puji Lestari
| |||
Erlina Luthfi Walidah
| |||
IV
|
Ahmat Khoirurrizal
|
Materi
|
04 April 2013
|
Bonatin
| |||
Dharisatullatifah Q
| |||
Endra Mustakim
| |||
V
|
Ainatul Falastin
|
Pendidik
|
11 April 2013
|
Binti Nurjanah
| |||
Dewi Zahrotul Inayah
| |||
Ella Trisnawati
| |||
VI
|
Al Amin Wijayanti
|
Peserta Didik
|
18 April 2013
|
Atik Adiana Kholisoh
| |||
Dewi Fatimatuz Z
| |||
Elis Yuni Artanti
| |||
VII
|
Aminatus Sholikah
|
Metode dan Media
|
25 April 2013
|
Asni Hanifah
| |||
Dedi Samitro
| |||
Ekhsanudin
| |||
VIII
|
Ana Maratul Azizah
|
Lingkungan
|
02 Mei 2013
|
Asmaul Husna
| |||
Eka Yulianasari
| |||
Ari Agung Saputra
| |||
IX
|
Andika Hadi Prasetyo
|
Evaluasi
|
09 Mei 2013
|
Didin Luskha Yuni A
| |||
Dimas Harits
| |||
Anissa Noerrohmah
|
SELAMAT MENGERJAKAN TUGAS DAN SEMOGA BERMANFAAT
No comments:
Post a Comment